BAN- PT Akreditasi Prodi Pendidikan Fisika Unimed

akreditasi fisika

Jum’at, 18 Maret 2016, Prodi Pendidikan Fisika Unimed kedatangan 2 orang tim asesor BAN-PT yang bertugas memeriksa kualitas Prodi Pendidikan Fisika Unimed. Prof. Suparwoto dan Prof. Dr. Ing Mitra Djamal yang berasal dari Universitas Yogyakarta dan Institut Tenologi Bandung ditugaskan oleh BAN -PT untuk mengakreditas salah satu prodi yang berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unimed ini. Akreditas yang berlangsung setiap 5 tahun sekali ini berguna untuk mengetahui berada di tingkat mana suatu Prodi yang sedang berjalan secara nasional. Pengakreditasian ini bertujuan melindungi kulitas pendidikan khususnya mahasiswa yang menjalani perkuliahan di Prodi Pendidikan Fisika Unimed.

akreditasi pendidikan fisika

“Adapun mekanisme yang harus dilakukan untuk mengakreditas adalah pengisian borang serta semua data yang diperlukan untuk BAN -PT. Setelah pengisian borang selanjutnya BAN PT mengutus tim asesor untuk membuktikan semua data yang telah dikirim oleh prodi tersebut”, ujar Prof. Dr. Ing Mitra Djamal selaku salah satu tim asesor BAN- PT.

pendidikan fisika unimedakreditasi fisika unimed

Adapun sistem penilaian yang digunakan BAN-PT untuk mengakreditas ialah Sistem Penjaminan Mutu(SPM). Sistem Penjaminan Mutu (SPM) terdiri dari Sistem Penjaminan Mutu internal (SPMI) yang berasal dari dalam perguruan Tinggi dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) yang dilakukan oleh BAN- PT sendiri. Penilaian yang dilakukan selama dua hari berturut- turut diadakan di Laboratorium Fisika Baru. Di hari pertama peniaian dilakukan dengan memantau segala alat dan bahan yang berguna untuk menunjang proses belajar- mengajar mahasiswa dan dosen Prodi Pendidikan Fisika. Dihari kedua penilaian dilanjutkan dengan rapat internal tim asesor dan dosen, pertemuan tim asesor dengan mahasiswa unimed, dan pertemuan dengan Ikatan Alumni Fisika (IKALFI) Unimed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *