Profil

Pengembangan Prodi Pendidikan Fisika  pada periode 2005-2010 mengacu pada Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang (KPPT-IV) yang digelar sebagai Higher Education Long Term Strategy (HELTS 2003-2010) dengan penekanan pada Daya saing, Otonomi, dan Kesehatan Organisasi. Isu utama yang dikembangkan terkait dengan Ke­pemimpinan (L), Relevansi (R), Atmosfer akademik (A), Manajemen internal dan organisasi (I), keberlanjutan (S) serta Efisiensi dan Produktivitas (E).

Untuk mencapai visi dan misi Program Studi Pendidikan Fisika, berbagai upaya telah dilakukan baik melalui pendanaan internal UNIMED maupun dana eksternal terutama hibah kompetisi seperti HEDS Project dan Program Hibah Kompetisi. Periode tahun 2003-2004 Jurusan Fisika memperoleh pendanaan eskternal berbasis kompetisi Semi-QUE V, periode tahun 2004-2005 memperoleh pendanaan berbasis kompetisi dari program SP4, periode tahun 2006-2008 memperoleh pendanaan berbasis kompetisi A2, dan tahun 2007 memperoleh pendanaan berbasis kompetisi  PHK Inherent K1, PHKI Bath III 2010-2012.Sehubungan dengan upaya-upaya tersebut, pada tahun 2005 Program Studi Pendidikan Fisika mendapat nilai akreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional (BAN). Selama 7 tahun berturut –turut Program Studi Pendidikan Fisika memperoleh dana hibah – hibah kompetisi. Perolehan hibah telah meningkatkan kapasitas dan efisiensi internal prodi dalam penyelenggaraan pendidikan. Perolehan hibah juga menambah fasilitas belajar antara lain: ruang baca jurusan fisika berserta koleksi buku-buku yang cukup memadai, video conference, LCD, laptop, OHP, komputer,  yang mengarah kepada peningkatan kualitas pembelajaran yang lebih baik dan kondusif dan dampak tersebut tetap sustain (berlanjut) walaupun periode perolehan hibah sudah berakhir.